Menu Close

7 Strategi Pemasaran Terbaik Untuk Usaha Kuliner

marketing untuk bisnis

Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus ke penciptaan produk dan pemasaran. Menentukan target pasar penting dilakukan agar Anda bisa menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Dengan target pasar Anda akan lebih fokus dalam memasarkan produk dan mengembangkan usaha. Untuk itu, saat sedang berada di fase awal pengembangan bisnis, jangan ragu untuk mengajar relasi datang ke tempat usaha. Bila perlu, tawarkan diskon menarik agar teman atau keluarga bersedia untuk mampir dan membeli produk yang dijajakan. Dengan begitu, tempat usaha akan terlihat memiliki banyak pelanggan dan membuat masyarakat penasaran dengan produk yang dijajakan.

Hingga saat ini, media sosial masih menjadi wadah yang paling efektif untuk mengembangkan pasar usaha Anda. Pengguna Facebook di Indonesia sendiri merupakan yang terbanyak ke-4 di dunia, yaitu mencapai 130 juta orang. Bantuan dan bimbingan tersebut dilakukan dalam rangka supaya produk yang ditawarkan Ibu Joang menjadi lebih berkembang dan menarik.

Didik Subi, CEO Bintoro Digital, mulai menggeluti internet marketing sejak 2010 dan mengajarkan ilmu internet marketing sejak 2014. Saat ini, sudah ribuan orang dari 10 kota besar di Indonesia belajar darinya. Sehingga 10 tahun pengalamannya siap membantu percepatan pertumbuhan bisnis Anda. Sebelum perkembangan internet seperti saat ini, masyarakat mencari informasi produk atau jasa melalui berbagai media cetak seperti brosur, majalah hingga surat kabar.

marketing untuk bisnis

Tujuan lain dari memanfaatkan internet sebagai media promosi adalah untuk memudahkan calon pelanggan mengetahui produk yang ditawarkan beserta harganya. Pemilik usaha dapat menjabarkan tentang kualitas produk dan juga kelebihannya dibanding produk pesaingnya.

Media sosial sebagai alat dalam memasarkan produk, karena hal ini dapat memangkas biaya operasional dan membuat produk menjadi lebih dikenal masyarakat luas. Melalui media sosial tersebut, Ibu Joang juga dapat menjabarkan berbagai produk yang dijual dengan memposting gambar yang menarik, sehingga pesan persuasif tersampaikan kepada konsumen. Produk jasa sendiri merupakan produk yang eksklusif, artinya pengalaman yang dirasakan oleh konsumen satu akan berbeda dengan konsumen lainnya. Sehingga untuk menciptakan ekspektasi yang akan menarik calon konsumen, perlu adanya konten yang unik serta berguna bagi calon konsumen untuk “merasakan” penawaran yang diberikan oleh produk.